Sayah tertarik menulis tentang Visa Amerika ini karena pengalaman sayah pribadi nyang kesulitan mbikin Visa kemaren. Padahal, setelah menjalaninya sebenernya cukup simpel. Sayah yakin ini tulisan nyang pertama dalam sebuah Blog. Kalok situ ndak percaya, silakan ajah nanyak sama mbah Googel….. :)

Semoga Posting sayah kali ini membawa manfaat bagi para ummat Blogosphere….

Jadi begene negh,…

Sejak 1 Nopember 2006 kedutaan Amerika resmi menggunakan media Internet dalam pengisian aplikasi permohonan visa. Kemudian, janji wawancara juga kita sendiri nyang menentukan. So, sekarang ndak ada lagi antrian mengular di depan kedutaan. Bahkan di dalam sekalipun.
Sepi.
Ini semua karena pengaturan nyang sangat efektif sesuai dengan kapasitas pegawai di kedutaan…

1. Silakan liat-liat tentang “bagaimana mengisi form aplikasi”, ato tentang kedutaan Amerika dengan mengunjungi alamat ini http://jakarta.usembassy.gov

Di alamat itu sebenernya semua tentang apa dan bagaimana tersedia lengkap.

2. Kalok situ mbutuhin pengisian form aplikasi visa, silakan kunjungi alamat ini http://evisaforms.state.gov

Jangan lupa yah, kalok mau ngisi form ini, kompie situ harus sudah dilengkapi dengan sofwer Acrobat. Soale form itu cuman bisa diunduh dengan format pdf. Kalok belom ada, ya unduh doloo tuh Acrobat. Jangan kuatir , Gratis kok…. :)

3. Lalu di alinea paling bawah, ada “Download evisa DS 156″. Ato situ jugak isa langsung untuk tau form nya, http://evisaforms.state.gov/ds156.asp situ isa langsung isi….

Sayah sarankan, situ unduh dulu itu form, dan berlatihlah mengisi secara konvensional alias tulisan tangan.

Setelah situ yakin isian situ bener, situ mampu memenuhi semua persyaratan nyang diminta, barulah situ mangslup ke alamat tadi, dan isilah dengan bener. Jangan lupa cek dan cek lagi.

Oke, sekarang data nyang situ sudah tulis dalam form di internet kemudian di unduh. Karena pengunduhan ini, maka situ akan mendapatkan Bar Code. Ini bukan Bar tempat minum-minum dipinggir kali Code, tapi tanda berupa garis-garis lurus vertikal, berderet horisontal dengan tulisan dan hurup dibawahnya

Oke, katakanlah, Bar Code nyang situ dapet kodenya D160DAm3CKY , maka kode inilah pegangan situ.

4. Kemudian kalok situ dah yakin dengan hasil unduhan, maka situ isa mulai mangslup ke alamat http://evisaforms.state.gov/make_barcode.asp

Setelah situ mangslup di dalamnya, situ isikan nomer nyang terdapat dibawah Bar Code tadi. Kebetulan contohnya D160DAm3CKY, kemudian pilih Submit.

Maka akan tampil seperti ini:

Jakarta
Jl. Medan Merdeka Selatan 4-5
Jakarta 10110

NIV Appointment System – Select Appointment Date  

Please select an available appointment date from the calendar.
<- Previous Month November 2007 Next Month – >
Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday
        1 2 3
    Appointment Date Fully Booked       Appointment Date Not Available
    Appointment Date Available        
 

Naaahhh,…..
Situ tinggal milih nyang ada tulisannya Available.

Katakanlah situ milih tanggal 30 Nopember, maka sistem akan nanya lagi, jam brapa situ mau datang isa jam 07.00 pagi ato jam 08.30, dst….

Pikir-pikir doloo, kapan situ isa datang intuk wawancara. Soale, kalo situ dah milih,maka pada sat itulah semua data situ terbang ke kompie kedutaan Amerika di Jakarta…

Gampang kan…???

Pesen Sayah:

  • Kalok situ Wong Islam model Salafi, mau ndak mau situ mesti setor foto ndak makek Jilbab untuk nyang perempuan, bukan model Ninja. Kalok nyang laki ya ndak usah majang jenggot model kambing doloo deh. Soale pasfoto wajib 2 lembar ukuran 5×5 dengan 80% wajah kita dengan latar belakang putih. Selain itu bakal ditolak.
  • Kalok situ biasa make nama Abu Bakar bin Abu Gosok, Ato Umi binti Ubi, ya ndak usah dipake doloo. Amerika memang alergi sama nama-nama model Abu Onta Halallan Toyibbany maupun Anto Salafi.
  • Contoh DS 156 adalah dengan asumsi kita sebagai turis. Untuk nyang mau sekolah di Amrik ya laen lagi form nya.
  • Untuk pengisi form DS 156, kalok usia kita antara 22thn s/d 47thn, maka kita wajib ngisi form DS 157 nyang isa di unduh jugak, tapi boleh di isi secara konvensional alias tulisan tangan.
  • Jangan lupa, siapin duit nyang setara dengan 100 USD. ( ya sejutaan lah ) untuk biaya wawancara.
  • Proses wawancara isa sangat singkat, No More Than 4 Minutes ! Pertanyaannya sangat simpel semisal; Ngapain kamu mau ke Amrik ??? Ke amrik mau nemuin siapa ??? Sama siapa kamu pergi amrik ??? Brapa lama kamu disana ??? Padahal dari semua pertanyaan itu ada semua loh, di form DS156,….
  • Kalok situ lulus, maka paspor situ ditahan. Kalok ndak lulus, ya paspor situ dibalikin.
  • Kalok situ ndak isa ngomong inggeris, ya sebaeknya ndak usah ke amrik lah. Ke Malesia ajah kan isa….
  • Siapin Itinerary tiket Jakarta-Amrik PP
  • Siapin buku tabungan dengan Outstanding Balance minimal 50jt nyang sudah ngendon 3 bulan.
  • Berpakean nyang rapi. Gaya Blogger gembel make sandal jepit dan clana Khaki buang jauh-jauh. Apalagi nenteng ransel segala.
  • Datang TEPAT WAKTU. Tidak kecepeten, tapi jugak jangan telat ! Soale ndak isa nongkrong sembarangan disana, Man…. Apalagi sambil klepas-klepus ngganja ngrokok….
  • Ponsel dilarang keras ! kalopun nekad mbawa, bakalan suruh ninggal dan dalam kondisi dimatiin…
  • Bawalah HANYA BERKAS NYANG DIBUTUHKAN, dalam stofmap plastik transparan. Ndak usah mbawa buku Nick Carter….
  • Arsip-arsip macem Deposito, Sertifikat Tanah, Akte pendirian perusahaan, Buku Nikah/ Surat cerai, Kartu Nama, Surat Keterangan Kerja- SEMUA ATAS NAMA PRIBADI akan sangat membantu….
  • Sekali situ gagal dapet Visa, maka situ baru isa ngulang lagi taon depan….

Itu sekedar gambarannya.

Kalok situ mau nanyak lagi, silakan isi kolom komen. Gratis untuk satu pertanyaan pertama. Untuk pertanyaan selanjutnya, situ mesti mbeliin sayah pulsa. Rp 10.000,- / pertanyaan… :lol:

About these ads