Pernah denger mobil Alfa Romeo ?

Untuk anda kelahiran dekade 80an, saya jamin merek ini pasti asing ditelinga anda. Nggak papa. Wajar saja. Mengingat yang akan saya tampilkan disini memang mobil lawas versi sedan dua pintu sport, biasa disebut Coupe, namun Alfa Romeo menjulukinya Spider. Diproduksi dari tahun 1973 s/d 1978 (CMIIW). Spider ini dibeli dalam kondisi ndongkrok, ngejogrok, seharga Rp 30 juta. (!!!) dan akan di Rebuild, alias dibangun ulang mengacu pada aslinya, tetapi nggak bisa juga disebut Vintage.

Mengapa begitu ?

Konon kabarnya, aliran Vintage berarti kembali seasli-aslinya, tidak ada ubahan, dan menonjolksn detil. Nah, model Spider ini bentuk body tetap seperti aslinya, namun bahan penggantinya terbuat dari aluminium setebal 1.2 mili, yang dibuat dengan kerajinan tangan, alias Hand Craft, alias diketok. Soal presisi jangan diragukan deh. Asal tahu saja, perhitungannya per panel, seharga 2 jt perpanelnya. Satu mobil butuh 9 panel. Yaitu spatbor muka blakang 4 panel, pintu 2 panel, kap mesin, atap dan bagasi. Full Aluminium. Kenapa aluminium ? kata yang lagi membangunnya sih biar bobot mobil secara keseluruhan menjadi lebih ringan, juga awet nggak gampang karatan…. (hmmm, bener juga).

aluminium-body.jpg

Setelah body selesai di kloning dengan bahan aluminium, maka siap dipasang di Chassis aslinya dengan cara di Rivet (paku aluminium khusus). Tentu saja untuk satu panel perlu banyak paku Rivet. Hasil setengah matengnya seperti foto diatas. Urusan merangkai Body ke Chassis cukup menyita waktu. Harap maklum, insinyur aslinya di Italy mbikin ini mobil justru dari besi semua, sementara tukang insinyur kita STM aja nggak lulus… Neh, nama orang Italy yang meng insinyuri lahirnya si Spider,

side-door-emblem.jpg

Kalo urusan merangkai sudah kelar semua, tinggal dilabur dengan warna kesukaan. Tapi entah kenapa, kebanyakan berwarna merah…. (basbang yak ?).

Nah, kini urusan mesin. Sebenernya, pada umumnya seri ini dibekali mesin 1800cc. Namun ada juga yang nekat ditemplokin mesin GT yang 2000cc. Namanya juga Speed Freak. Jadi mesti kenceng. Mosok tampang mobil udah sporty abis, warna merah, tapi larinya lemot kan nggak lucu. O,ya. teknologinya udah DOHC dari sononya, (Mangkanya, kalo ada orang bilang DOHC adalah teknologi baru, salah besar !) dan yang bikin gahar, Supply bengsinnya bro, Two Barrel !!! Neh, liat:

ar-1750-engine.jpg

Tentu saja bengsin irit, skitar 1:7 (!!!) . Mangkanya, ini mobil kalo di Bleyer , knalpot 4-1 nya berderum muaaanntab, khas mobil mafia italy. By The Way, meski ini mobil sport 1800cc, karakter mesinnya langkah panjang. So, nggak bisa diajak tarik-tarikan, dia baru bisa lari di Track panjang seperti di tol Jagorawi misalnya. Tapi nggak masalah. Mobil ini memang untuk dinikmati. Kalo mau pecicilan pakai mobil jepang aja. Ya nggak ? Ini foto Emblem di bagasi yang menunjukkan dia ber cc 1800,

rear-emblem.jpg

Sebenernya, pengennya sih Posting kalo ini mobil udah kelar. Namun berhubung saya nggak ada kerjaan (padahal saya memang pengangguran), ya saya Posting sekarang. Namun demikian, untuk mengobati rasa ingin tau para pembaca yang budiman, berikut ini ada foto dari species yang sama, namun dalam kondisi sedang berobat, yaitu ganti semua sistim pengereman, (maklum, mobil kenceng, jadi rem mesti manteb), sementara mobil yang sedang dibangun terlihat dilatar belakang,

ar-1750.jpg

Barangkali ada pembaca yang lebih tau dari saya soal Spider ini, silakan nambahin info. Soale saya males nanya sama mbah Google. Lha wong ini mosting nya aja di bengkel. Maklum, nggak ada kerjaan… O,ya. Satu lagi. Tolong jangan nanya harganya ya. Soale gelap boss. Kalo memang seneng, apalah artinya duit. Ya nggak ? Skilas info aja, itu yang lagi diberesin rem nya mau dituker Inova G 2006 nggak dikasi…